Agenda

Penyuluhan Hukum Bersama PERADI Tasikmalaya Di Kelurahan Indihiang

Tasikmalaya – Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Tasikmalaya telah melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum yang diselenggarakan di kelurahan Indihiang pada sabtu, 30 januari 2021. Mulai dari jam 13:00 WIB sampai dengan 15:00 WIB.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa orang diantaranya dari pihak Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) Tasikmalaya yaitu ANDI IBNU HADI, S.H.M.H. selaku Ketua Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia (DPC PERADI) Tasikmalaya yang berkesempatan kali ini sebagai narasumber.

Kemudian sambutan-sambutan yang disampaikan oleh PREDI SANJAYA S.Pd selaku Ketua Panitia SDR, ADING SUGANDA selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kel. Indihiang dan ZUL JAELANI selaku Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibnas) Kel. Indihiang.

Serta adapun perwakilan dari tokoh masyarakat setempat yaitu WENDI KUSWENDI selaku Ketua RW 004, ROMLY selaku Ketua RW 006, PURWANTO selaku Ketua RT 004 dan beberapa anggota Karang Taruna Kelurahan Indihiang.

Sebelum ke pembahasan materi, narasumber menjelaskan terlebih dahulu hal-hal yang perlu diketahui masyarakat sebelumnya seperti:

  1. Kesadaran Hukum
  2. Mengatur Hubungan Manusia dengan Manusia
  3. Hukum diciptakan untuk menciptakan keadilan dan kebahagiaan
  4. Kesadaran lahir dari satu pernyataan dan pembelajaran
  5. Konsep Hukum (Tidak ada seorangpun yang dipidana tanpa kesalahan)

Materi yang disampaikan adalah tentang cara mendapatkan bantuan hukum cuma-cuma yaitu melalui:

  1. Kepolisian Republik Indonesia
  2. Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, dan Pengadilan Tata Usaha Negara Hukum Diciptakan Untuk Menciptakan Keadilan dan Kebahagiaan
  3. Prosedur Layanan Pembebasan Biaya Perkara
  4. Sidang Di Luar Gedung Pengadilan
  5. Pos Bantuan Hukum
  6. Lembaga Bantuan Hukum
  7. Advokat atau Organisasi Advokat

Selama kegiatan berlangsung para hadirin cukup bersemangat untuk menerima ilmu baru tentang hukum yang disampaikan oleh narasumber. Tak kalah menarik juga saat sesi tanya jawab yang dilakukan oleh para hadirin dengan narasumber. Kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut cukup tertib sehingga acarapun berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang tidak perlu.

Related Articles

Silahkan masukan tanggapan terkait tulisan ini di kolom komentar, terimakasih.

WhatsApp Informasi
%d blogger menyukai ini: