Siapa yang Bertanggung Jawab Jika Menabrak Mobil Parkir?

Siapa yang Bertanggung Jawab Jika Menabrak Mobil Parkir?

Perkenankan Admin untuk bertanya dengan kronologi berikut ini;

Mobil sedang parkir di sisi sebelah kiri jalan. Tiba-tiba ada pengendara yang diduga sedang mabuk menabrak mobil dari arah yang berlawanan. Si pemilik mobil telah memberikan biaya pengobatan kepada korban sesuai dengan kemampuannya.

 

Pertanyaan

Apakah secara hukum si pemilik mobil berkewajiban menanggung seluruh biaya pengobatan dari korban padahal kesalahan disebabkan oleh korban sendiri?

 

Jawaban

Pasal 1 Angka 24 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (“UU LLAJ”):

“Kecelakaan Lalu Lintas adalah suatu peristiwa di Jalan yang tidak diduga dan tidak disengaja melibatkan Kendaraan dengan atau tanpa Pengguna Jalan lain yang mengakibatkan korban manusia dan/atau kerugian harta benda.”

Hal yang menimpa si pemilik mobil adalah kecelakaan lalu lintas. Hal tersebut juga bisa saja diproses secara hukum sepanjang memang ada korban yang merasa dirugikan.

Kerugian yang diderita oleh pengendara lain tersebut adalah akibat ulahnya sendiri. Dengan demikian, si pemilik mobil sebenarnya tidak wajib menanggung seluruh biaya pengobatan pengendara sepeda motor. Sebaliknya, pengendara yang merusak mobillah dapat dimintakan pertanggung jawaban atas kerugian yang diderita oleh si pemilik mobil.

Ketika perkara kecelakaan lalu lintas ini nantinya sampai pada tahap persidangan, majelis hakimlah yang berwenang memutuskan apakah si pemilik mobil memenuhi unsur-unsur pidana baik dalam UU LLAJ atau tidak. Selain itu, hakim pula-lah yang memutus berapa besarnya ganti rugi yang wajib dibayar oleh pihak yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas (Pasal 236 UULAJ).

 

Demikian jawaban yang telah disampaikan, semoga bermanfaat.

 

Dasar hukum:

Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

 

Referensi :

www.hukumonline.com

 

DPC PERADI TASIKMALAYA
WhatsApp Konsultasi / Informasi
%d blogger menyukai ini: