Jantung Demokrasi Menurut John Dewey
Jantung Demokrasi Menurut John Dewey dalam sebuah buku yang berdujul ‘Teori Politik Modern’ karya S. P. Varma yaitu:
“Suatu keadaan dimana pilihan manusia merupakan pimpinan utama suatu masyarakat demokrasi tergantung pada konsensus sosial dengan pandangan kepada perkembangan manusia yang didasarkan atas kebebasan, persamaan, dan partisipasi politik, partisipasi merupakan hal yang vital bagi pemilihan kebijakan, karena konsensus atau mayoritas itu sendiri merupakan landasan yang perlu bagi keputusan sosial dan tindakan partisipasi”.
BIOGRAFI
John Dewey merupakan seorang filsuf dari Amerika Serikat yang menjadi salah satu perintis pemikiran pragmatisme. Ia dikenal sebagai seorang kritikus sosial tentang pendidikan yang kemudian merintis dasar keilmuan di bidang psikologi pendidikan. Ia juga menempuh pendidikan di Baltimore. Semasa hidupnya, Ia bekerja sebagai profesor di bidang filsafat dan pendidikan di beberapa universitas. Ia menghasilkan karya tulis sebanyak 40 buku dan artikel yang sedikitnya berjumlah 700 artikel. Pengaruhnya yang paling penting adalah pemikiran untuk menggunakan psikologi dalam kehidupan praktis. Di Amerika Serikat, Ia menjadi pendiri dari laboratorium psikologi pendidikan pertama di Universitas Chicago dan juga yang kedua di Universitas Columbia. Ia lahir pada tanggal 20 Oktober 1859, Burlington, Vermont, Amerika dan wafat pada tanggal 1 Juni 1952, Kota New York, New York, Amerika.
HASIL KARYA
- The Ethics of Democracy, 1888
- My Pedagogic Creed, 1897
- The School and Society: Being Three Lectures, 1899
- Essays on Logical Theory, 1902-1903
- The child and the curriculum, 1902
- Logical Conditions of a Scientific Treatment of Morality, 1903
- Studies in Logical Theory, 1903
- Moral principles in education, 1909
- How We Think, 1910
- The influence of Darwin on philosophy, 1910
- Interest and Effort in Education, 1913
- Democracy and Education, 1916
- Essays in experimental logic, 1916
- Filosofia sociale e politica: Lezioni in Cina (1919-1920)
- Reconstruction in philosophy, 1920
- Human nature and conduct, 1922
- Experience and Nature, 1925
- The Later Works, 1925-1953
- The Public and its Problems, 1927
- Impressions of Soviet Russia and the Revolutionary World: Mexico–China—Turkey, 1929
- The Later Works of John Dewey, Volume 4, 1925 – 1953, 1929
- The sources of a science of education, 1929
- Individualism Old and New, 1930
- Philosophy and Civilization, 1931
- A Common Faith, 1934
- Art as Experience, 1934
- Liberalism and social action, 1935
- Experience and Education, 1938
- Logic, the theory of inquiry, 1938
- Creative Democracy, 1939
- Freedom and Culture, 1939
- Education today, 1940
- Knowing and the Known, 1949
- The School and Society: The Child and the Curriculum, 1956
- John Dewey on education, 1959
- The essential Dewey, 1998
- Japan, China, and the U. S. A., 2020
- Cómo pensamos: la relación entre pensamiento reflexivo y proceso educativo
- Pedagogia, scuola e democrazia
- Die Öffentlichkeit und ihre Probleme
- Experiencia e educación
- La democracia como forma de vida
- Mi credo pedagógico
- Teoría de la valoración
- Theory of the Moral Life
- The Relation of Theory to Practice in the Education of Teachers Volume; Series 1
- Works of John Dewey
Sekian penjelasan mengenai Jantung Demokrasi Menurut John Dewey dan semoga bermanfaat. Jika ingin membaca artikel yang lainnya silahkan klik disini.
Referensi:
jurnalhukum.com
suduthukum.com
bantuanhukum-sbm.com
media.neliti.com
gramedia.com
onesearch.id
slideshare.net
encyclopedia.com
books.google.co.id
osf.io
id.wikisource.org
id.wikipedia.org
follow DPC PERADI Tasikmalaya :
https://www.instagram.com/peraditsm/?hl=id